Indahnya Kebersamaan Idul Adha 1432H

Allahuakbar Allahuakbar, laailahailallahhuallahhuakbar, Allahuakbar walillailham. Suara takbir menggema di mana-mana ketika malam idul adha (5/11). Tak terkecuali di dusun Karangtengah, desa Sumberwungu, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Suara takbir dikumandangkan dengan penuh semangat dan kebersamaan. Kebersamaan ini juga disemarakkan oleh hadirnya IMM UNY dalam rangka Bakti Sosial Idul Adha.

PK IMM KH Ahmad Badawi & PK IMM AR Sutan Mansur pada tanggal 5-6 November menggelar agenda Bakti Sosial Idul Adha 1432 H di Kecamatan Tepus, Gunungkidul yang merupakan program kerja bidang Sosial, Ekonomi, dan Kemasyarakatan dimana ketuanya adalah Immawati Indarti. Sebanyak 43 panitia dan post-struktural IMM UNY menyemarakkan serangkaian acara tersebut. Acara Baksos Idul Adha ini diawali dengan pembukaan oleh Bapak Kepala Dusun, Bp Ariswanto pada pukul 09.45 di Balai Desa. Selanjutnya diadakan acara lomba menggambar yang diikuti oleh anak-anak TK, PAUD, dan SD sebanyak kurang lebih 40 anak. Kemudian diambil 3 juara dari TK dan PAUD, dan 3 juara dari SD.

Setelah acara lomba menggambar selesai, pada pukul 16.00 anak-anak TK, PAUD, dan SD dengan semangat yang menggebu-gebu datang ke masjid untuk TPA. Dengan dibersamai oleh beberapa panitia Baksos Idul Adha yang di koordinatori oleh Immawati Thoufanie, acara TPA berlangsung sangat meriah dan ramai. Dalam acara TPA tersebut juga sekaligus diumumkan juara lomba menggambar dan bagi-bagi doorprize. Berbarengan dengan acara TPA, di Balai Desa juga diadakan acara penyuluhan remaja yang diiukuti oleh beberapa remaja putra-putri dusun Karangtengah. Acara penyuluhan remaja tersebut diisi oleh Immawan Indra dengan tema kewirausahaan.

Setelah TPA dan penyuluhan remaja selesai, panitia Baksos Idul Adha berbuka bersama dengan makanan yang seadanya tetapi lezat. Immawati Rizka selaku coordinator konsumsi menyuguhkan nasi, sop, dan tempe. Begitu sederhana tetapi nikmat jika disantap bersama-sama. Selesai istirahat, sholat, dan makan, acara selanjutnya adalah pengajian akbar yang diselenggarakan di Masjid Al-Insyiroh. Sempat listrik padam sampai jam setengah 9. Acara pun dimulai 5 menit sebelum lampu akhirnya menyala. Acara pengajian akbar ini diisi oleh Bp Mahfud Fauzi dari MPK, PDM Gunungkidul dan Immawan Imron selaku mc menggantikan Immawan Fajar.

Acara pengajian akbar pun berkahir sekitar jam 21.45, kemudian dilanjutkan dengan persiapan teknis penyembelihan hewan qurban bersama panitia qurban dan evaluasi panitia baksos idul adha. Semua panitia dan poststruktural pun istirahat setelah selesai evaluasi untuk mengumpulkan semangat baru dalam menyambut Idul Adha.

Udara segar di pagi hari, walaupun mendung menyelimuti, namun pagi itu semua warga Karangtengah beserta teman-teman IMM UNY menuju Balai Desa untuk melaksanakn sholat Idul Adha. Selesainya sholat Idul Adha, panitia Baksos sarapan bersama dan bersiap untuk penyembelihan hewan qurban yang tahun ini IMM UNY membawa 14 kambing dari donatur untuk diqurbankan kepada masyarakat dusun Karangtengah.

Pukul 10.00, diadakanlah bazaar pakaian yang harganya mulai dari 1000-3000 di Balai Desa. Sempat hujan mengguyur agak lama dan warga yang datang hanya 1-2 orang saja. Namun, setelah jam 11.00, warga berbondong-bondong mendatangi bazaar, bahkan panitia baksos kewalahan. Jam 13.00 bazar pun selesai karena semua barang telah habis terjual.
Saatnya panitia baksos istirahat dan bersiap untuk pulang. Sebelum pulang, teman-teman IMM UNY berpamitan dengan warga sekaligus acara penutupan dibalai desa. Dalam acara penutupan tersebut, juga dilaporkan hasil bazaar dan penyerahan uang sejumlah Rp 550.000,- kepada takmir masjid Al-Insyiroh, Bp Nur yang diserahkan oleh Immawan Faisal. Uang tersebut nantinya akan digunakan untuk keperluan masjid. Setelah penutupan, saatnya teman-teman IMM UNY pulang.

“Keikhlasan dalam berbagi merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Bukan seberapa banyak yang kita dapatkan, tetapi seberapa banyak kita memberi untuk mereka dan menyejahterakannya.” Fastabiqul Khairat!

Emita D

SAB-2011

Pos ini dipublikasikan di Bacaan, Uncategorized. Tandai permalink.

Terima kasih atas komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s