Bakti Sosial IMM UNY : Jas Merah Mewarnai Dusun Nanas

Screenshot_13
Gunung Kidul- Sebuah pengabdian dan kepedulian sosial Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah sebagai aksi konkrit dalam bermasyarakat. Senin dan Selasa tanggal 14-15 Oktober 2013, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) komisariat KH Ahmad Badawi UNY dan A.R. Sutan Mansur UNY melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Idul Adha. Kedua komisariat yang selanjutnya disebut IMM UNY ini melaksanakan kegiatan Bakti Sosial di Dusun Nanas dan Mandesan, Girisubo, Gunung Kidul.
Bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah setempat, IMM UNY menyelenggarakan beberapa agenda kegiatan dalam bakti sosial tersebut. Kegiatan tersebut dimulai pada hari senin, 14 Oktober 2013 yakni menyelenggarakan kegiatan TPA dan lomba; mewarnai, menghafal bacaan do’a dan qur’an, yang diikuti oleh santriwan dan santriwati Masjid As-Shobur. Malam harinya dilanjutkan dengan takbir keliling dan kajian Akbar yang di isi oleh ust. Samidi, bertempat di dalam dan halaman Masjid As-Shobur. Takbir keliling dan Kajian Akbar dihadiri seluruh masyarakat dusun Nanas dan Mandesan, tanpa mengenal usia. Dalam kegiatan tersebut terlihat adanya kebersamaan yang hangat yang diperlihatkan oleh mayarakat dusun Nanas dan Mandesan dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UNY.
Kegiatan hari kedua dimulai dengan melaksanakan sholat Idul Adha di lapangan dusun Mandesan. Pelaksanaan sholat Idul Adha tersebut dipimpin ust …. Yang bertindak sebagai Imam sekaligus khotib. Setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha, kegiatan selanjutnya adalah pemotongan hewan qur’ban. Pemotongan hewan kurban dilakukan oleh masyarakat dusun serta tim kurban dari IMM UNY. Jumlah hewan kurban yang didonasikan oleh IMM UNY kepada masyarakat dusun Nanas dan Mandesan berjumlah 26 ekor Kambing.
Setelah pemotongan hewan kurban, kegiatan selanjutnya adalah bazar murah berupa baju pakaian yang bertempat di depan TK Aisyiyah Dusun Nanas. Jumlah baju yang terkumpul oleh panitia Bakti Sosial IMM UNY sebanyak 700 baju lebih yang berasal dari pengumpulan dan sumbangan dari berbagai pihak dan simpatisan IMM. Adapun uang hasil penjualan baju tersebut kemudian diserahkan kepada kepala dusun Nanas untuk pembangunan dan pengembangan Masjid..
Dalam sebuah percakapan, Pak Jamal selaku kepala dusun Nanas mengucapkan rasa terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada IMM UNY yang telah menyelenggarakan kegiatan Bakti sosial di dusun Nanas dan Mandesan. Beliau mengatakan bahwa nafas Islam yang berkembang di dusun Nanas dan sekitarnya adalah nafas Muhammadiyah, maka dari itu beliau mengucapkan rasa terimakasih kepada IMM UNY. Selanjutnya beliau berharap silaturahmi dan kegiatan sosial semacam ini tidak terputus hanya dalam penyelenggaraan Bakti Sosial.
Kegiatan bakti sosial IMM UNY ditutup dengan penyerahan uang hasil donasi dari penjualan baju dan pakaian kepada kepala dusun Nanas, selanjutnya penyerahan secara simbolik bantuan logistik berupa beras dan minyak. Kepala dusun dalam sambutan penutupan Bakti Sosial menyampaikan rasa syukur dan berat hatinya melepas adik-adik IMM UNY dari dusun Nanas, beliau menyampaikan rasa terimakasih yang mendalam kepada seluruh panitia Bakti Sosial IMM UNY atas apa yang telah diberikan.
Disambut dengan kebahagiaan dan dilepas dengan tangis yang mengharukan oleh seluruh mayarakat. Itulah suasana harmonis dan kemesraan yang ditunjukkan ketika pelepasan IMM UNY dari Kegiatan Bakti Sosial oleh masyarakat Dusun Nanas. Sebuah sinergitas jas merah Muhammadiyah dengan masarakat. Pengabdian yang tidak mungkin terlupakan bagi punggawa IMM UNY, semangat tegakkan panji fastabiqul khoirat. 

Penulis: Imron Wafdurrahman
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Terima kasih atas komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s