Bakti Sosial IMM KH Ahmad Badawi dan IMM AR Sutan Mansur UNY 2016

اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، لآَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَاللهُ اَكْبَرُاَللهُ اَكْبَرُ وَ ِللهِ الْحَمْدُ

Selamat hari raya Idul Adha 1437 H

IMM KH Ahmad Badawi dan IMM AR Sutan Mansur UNY telah menggelar acara yang sudah berjalan  setiap tahunnya yaitu Bakti Sosial dan Penyembelihan Hewan Qurban IMM (Baksos IMM). Kegiatan ini di pimpin oleh salah satu kader IMM yang bernama Aulia Fathurahman Darwis dari prodi Ilmu Sejarah FIS UNY angkatan 2015. Susunan kepanitiaan yang di bentuk pada tanggal 14 Juni 2016, bertempat di Aula Gedung Muhammadiyah Yogyakarta telah disepakati bahwa IMMawan Aulia Fathurahman Dawris Prodi Ilmu Sejarah FIS UNY menjadi ketua panitia Bakti Sosial Pada tahun 2016 dan seluruh Pimpinan Komisariat KH Ahmad Badawi dan AR Sutan Mansur masuk dalam susunan panitia untuk mensukseskan kegiatan ini.

Sesuai dengan hasil keputusan panitia bahwa baksos IMM dilaksanakan pada 11-12 September 2016. Mendapat dari rekomendasi PCM Dukun bahwa tempat yang tepat untuk diadakan baksos imm uny 2016 ialah di Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Dengan pertimbangan ketika lebaran Idul Adha, Desa Sumber tidak selalu melakukan penyembelihan hewan qurban. Maka dari itu panitia memilih desa Sumber untuk menjadi lokasi  BAKSOS IMM UNY 2016Desa Sumber berada di kawasan lereng Gunung Merapi. Udara yang masih bersih dan sumber mata air yang menyegarkan. Jauh dari keramaian masyarakat sehingga daerah ini masih tergolong pedesaan.

BAKSOS IMM UNY 2016 mempunyai rangkaian acara yang bisa menggugah masyarakat desa Sumber. Rangkaian acara tersebut ialah pembukaan, lomba anak anak, takbir keliling, pengajian akbar, sholat Ied, Penyembelihan hewan qurban, bazar dan penutupan.

Kegiatan pertama pembukaan. kegiatan ini dilaksankan di Masjid desa Sumber. Pembukaan di mulai pada jam 15.10, hingga selesai pada jam 15.30 dihadiri oleh seluruh panitia BAKSOS IMM UNY 2016, Ketua Takmir Masjid dan para warga yang mewakili.

Selanjutnya ialah Lomba anak anak yang diadakan di lapangan bola voli terdekat. Lomba anak anak terbagi menjadi batu pusing dan balap klereng. peserta yang mengikuti lomba ini ialah anak anak TPA masjid sumber. perlombaan ini dilaksanakan hingga menjelang magrib

seusai sholat magrib anak anak di kumpulkan di halaman masjid sumber untuk melaksanakan takbir keliling. berjalan mengelilingi desa sumber dengan mengumandangkan takbir.

dilanjutkan sholat isya dan kemudian pengajian akbar yang diadakan di masjid sumber. pengajian akbar di isi oleh penceramah dari PCM Dukun, beliau ialah bapak Burhanudin. Antusias warga terhadap kegiatan ini bagus sekali karena banyak warga yang berdatangan menghadiri pengajian akbar. Sebelum pengajian warga dan panitia juga mempersiapkan konsumsi para jamaah.

Pengajian akbar selesai pada jam 21.00 dengan ditutup oleh pembawa acara yaitu IMMawan Muhammad Adib S. kegiatan selanjutnya istirahat hingga menjelang subuh. seluruh panitia bersiap siap melaksanakan sholat subuh dan sholat Ied yang dilaksanakan di halaman masjid desa sumber.

Sholat Ied mulai pada pukul 06.30 yang bertempat di halaman masjid desa Sumber. Warga muslim berdatangan dengan wajah yang gembira. Khutbah sholat Ied yang di isi oleh salah satu PCM Dukun. Seusai sholat Ied tidak langsung pulang ke rumah, namun warga tetap di lokasi sholat Ied, karena kebiasaan warga desa Sumber seusai sholat Ied warga bersama sama makan bersama.

Sekitar jam 08.00 seluruh warga dan panitia memulai penyembelihan hewan qurban. Pada tahun 2016 panitia mendapat amanah untuk menyembelih kambing sebanyak 76 ekor. sebanyak 61 ekor kambing di sembelih di lokasi BAKSOS IMM UNY 2016, sisanya sebanyak 15 ekor kambing disembelih di Panti asuhan Umar Bin Khatab Piyungan Bantul.

Dengan bantuan warga pelaksanaan penyembelihan, pengulitan, dan pembagian daging qurban selesai pada jam 13.00. Di sela sela itu panitia BAKSOS IMM UNY 2016 juga melaksanakan bazar yang berada di salah satu teras rumah warga sekitar. warga sangat ramai berdatangan untuk memilih baju baju yang di bazarkan oleh panitia. tepat pada jam 15.00 kegiatan bazar telah selesai kemudian panitia melakukan bersih bersih lokasi BAKSOS IMM UNY 2016

Pukul 16.00 kegiatan terakhir yaitu penutupan. penutupan dilaksanakan di masjid desa Sumber. acara ini dihadiri oleh seluruh panitia dan warga sekitar sekaligus takmir masjid desa Sumber

Terakhir, panitia berpamitan dengan warga sekitar dan pemilik rumah yang menjadi basecamp panitia untuk beristirahat yaitu di rumah bapak Soim dan keluarga.

Red (MFA)

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Terima kasih atas komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s