Masa Ta’aruf IMM PK AR Sutan Mansyur & PK Ahmad Badawi Universitas Negeri Yogyakarta

​Assalamu’alaikum Wr. Wb. 

             Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT yg selalu memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga kita dapat melalui berbagai kegiatan dengan baik dan lancar. 

            Pada hari Sabtu & Ahad tanggal 26 & 27 November 2016 kemarin, Ikatan MahasiswaMuhammadiyah Pk. AR Sutan Mansyur dan Pk. Ahmad Badawi UNY telah selesai melewati Masa Ta’aruf yang bertempat di Dusun Danurejo, Turi, Sleman. Tempat Masa Ta’aruf ini terletak di utara embung dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk sehingga sangat mendukung untuk kegiatan Imm Uny kali ini. 

            Kegiatan Masa Ta’aruf ini diikuti oleh kader-kader baru dan panitia dengan penuh semangat. Para peserta dan panitia kloter satu berangkat pada pukul sebelas siang pada hari sabtu, 26 Nov 2016. Mereka yang datang pada kloter satu menyiapkan tempat dan background untuk berlangsungnya kegiatan Masa Ta’aruf. Untuk kloter kedua berangkat pada pukul 14.15 menjelang sore. Waktu tempuh dari Masjid Al-Ikhlas karangmalang sampai Dusun Danurejo sekitar 35-40 menit dengan menggunakan sepeda motor. 

             Acara dimulai ba’da ashar yaitu pembukaan oleh immawan Luthfi Alviana. Berikutnya adalah penyampaian materi oleh immawati Ardita. Penyampaian materi pertama berlangsung hingga pukul 17.00 wib. Setelah penyampaian materi pertama, immawan Luthfi Alviana selaku ketua mataf Imm Uny 2016 memandu para peserta dan panitia untuk menempati penginapan yg terletak di rumah para warga di Dusun Danurejo. 

             Selepas menunaikan sholat maghrib hujan yang deras mengguyur daerah tersebut sehingga anak-anak sempat terhenti kegiatannya untuk berkumpul di pendopo utara embung. Karna hujan tak kunjung reda hingga ba’da isya’ , tanpa menyurutkan semangat para peserta mataf untuk tetap beraktifitas. Mereka rela menerobos hujan untuk melanjutkan aktifitas mataf di pendopo, padahal jarak rumah penginapan dengan pendopo mataf cukup jauh. Setelah semua peserta dan panitia mataf telah berkumpul di pendopo, mereka pun melanjutkan aktifitas berikutnya yaitu makan malam. Selesai makan malam, peserta pun harus mengikuti materi kedua yang diisi oleh immawan Chalits M dan immawan Burhan serta dimoderatori oleh immawan Adib Syiha. Peserta mataf tampak antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh pembicara. Penyampaian materi kedua ini selesai pada pukul 22.00 wib. Pada penutupan materi kedua, Imm Uny menampilkan dua kader yang memiliki bakat di bidang musik untuk mengisi penutupan materi. Sebut saja immawan Fadlan sebagai gitaris dan immawati Dinda R sebagai pelantun lagu. 

            Pagi hari pada Ahad, 27 Nov 2016, matahari tampak bersinar cerah. Pukul 06.00 wib para peserta dan panitia mataf berbondong-bondong menuju pendopo tempat berlangsungnya kegiatan mataf. Acara pada pagi tersebut adalah pemanasan sebelum memulai kegiatan outbond di sekitar embung. Pemanasan pada pagi itu dipimpin oleh immawan Fadlan. Setelah pemanasan berlangsung, instruktur outbond mulai membagi kelompok peserta outbond yang beranggotakan para peserta dan beberapa panitia. Kelompok immawan dibagi menjadi dua kelompok dan untuk para immawati juga dibagi menjadi dua kelompok. Para peserta  melaksanakan outbond dengan semangat karena terdapat stand-stand outbond yang penuh dengan teka-teki membuat mereka tampak antusias untuk memecahkan dan menyelesaikannya. Tak terasa pada pukul 08.00 wib para peserta telah menyelesaikan kegiatan outbond tentunya dengan rasa lelah dan lapar 😄. Mereka mengira outbond telah berakhir ketika sudah tiba di pendopo, namun ternyata instruksi outbond masih memberi game akhir yaitu perang air untuk memperebutkan bendera lawan. Game ini berlangsung dengan seru karena setiap peserta pasti terkena lemparan air yang telah dibungkus dalam plastik. Setelah outbond selesai, peserta dan panitia pun melakukan sarapan di dalam pendopo. 

         Tampaknya seluruh kegiatan pada acara mataf Imm Uny 2016 telah dilewati dengan lancar dan menyenangkan. Tibalah saatnya untuk para peserta dan panitia mataf membersihkan diri setelah terkena lemparan air ketika outbond serta membereskan masing-masing bawaan yang diletakkan di penginapan rumah warga dan acara berikutnya yaitu penutupan mataf.

See you …Mataf Imm Uny 2017 💓💓💓

Penulis : Hasuna 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Terima kasih atas komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s